Perbedaan Pipa PPR dan PVC yang Paling Mencolok

Perbedaan pipa PPR dan PVC yang paling mencolok! Dalam sebuah proyek konstruksi, perpipaan merupakan salah satu hal paling krusial. Bagaimana tidak? Sebuah proyek gedung, tentunya harus memiliki sistem perpipaan yang baik. Entah itu pipa pembuangan, ataupun pipa pengairan.

Pada proyek konstruksi pun, ada berbagai macam jenis pipa yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Biasanya, pemasangan pipa dilakukan setelah struktur selesai. Pipa yang sering digunakan dan cukup terkenal adalah pipa PVC dan pipa PPR. Kedua pipa tersebut memiliki beberapa perbedaan. Berikut ulasannya.

Perbedaan pipa PPR dan PVC yang pertama berasal dari kegunaannya. Dimana, pipa PPR sendiri merupakan pipa yang digunakan untuk menyuplai air, pemanasan dan pipa pembuanngan. Sedangkan, pipa PVC yang merupakan pipa SNI berfungsi untuk pembuangan dari toilet.

Perbedaan Pipa PPR dan PVC dari Bahan Bakunya

Perbedaan Pipa PPR dan PVC

Dari segi bahan baku pun, kedua pipa ini berbeda. PPR sendiri merupakan singkatan dari polipropilena kopolimer acak yang biasanya memiliki berat ringan, tahan korosi, kekuatan tinggi, umur pemakaian panjang, tahan panas, hemat energi, tidak beracun dan sebagainya. Sementara, PVC sendiri merupakan singkatan dari polivinil klorida yang sifat aditif kimianya bisa menyebaban kanker, kerusakan ginjal dan sebagainya. Oleh sebab itu, pipa PVC hanya digunakan sebagai pipa drainase.

Dari segi harganya, bisa dilihat bahwa harga pipa PPR jauh lebih mahal dibanding dengan pipa PVC. Hal ini dikarenakan PPR sendiri mampu digunakan sebagai pipa pasokan air. Bahkan, bahannya pun lebih kuat dan lebih awet dibanding dengan PVC.

Perbedaan Pipa PPR dan PVC dari Cara Sambungannya

Perbedaan Pipa PPR dan PVC

Perbedaan lain yang bisa dilihat adalah dari segi cara sambungannya. Untuk PPR sendiri, dilas oleh fusi yang tentunya tidak akan gagal untuk waktu yang lama dan tahan panah. Sehingga, dapat digunakan dalam rentan waktu yang lama pula. Sementara, sambungan PVC terbuat dari lem yang tentunya akan gagal dalam waktu lama. Sehingga, hanya mampu bertahan sekitar 5-6 tahun.

Perbedaan Pipa PPR dan PVC dari Segi Keuntungan

Dalam segi keuntungan pun bisa dilihat perbedaan dari kedua pipa ini. Jika PPR merupakan pipa yang tahan panas, teknologi konstruksi sederhana, dan resistensi tekanan yang jelas. Maka, PVC sendiri memiliki keuntungan konstruksi sederhana dan biaya yang murah.

Perbedaan pipa PPR dan PVC yang dibahas di atas, merupakan perbedaan umum yang bisa dilihat. Perbedaan yang cukup mencolok terlihat dari bahan dan kegunaanya. Jangan sampai salah pilih, ya!

source https://asuransimobilkita.com/perbedaan-pipa-ppr-dan-pvc/

source https://andreajeronimo.tumblr.com/post/189579490943

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s